Kesalahan Umum Pada Digital Marketing Yang Harus Cepat Disadari

Bisnis online dan digital mulai menjadi tren karena memang kondisi tidak terelakkan. Mereka yang terlambat berubah akan tertinggal dan sistem konvensional tidak lagi efektif. Meskipun sekedar skala kecil, marketing via online justru memberikan banyak sekali keunggulan.

Banyak orang beranggapan digital marketing sekedar membuat website, promosi banner, dan membuat akun sosial media. Toko online sama seperti toko di kehidupan nyata. Orang tertarik karena produk dan jasa yang diinginkan tersedia. Akan tetapi, pihak pemilik malah upload foto yang tidak jelas dan deskripsi yang kurang lengkap. Tentu saja, para pengunjung website langsung pergi dan tidak kembali. Mereka merasa info tersebut belum mampu memberikan kepercayaan. Meskipun Anda sudah pasti menjual produk asli, cara marketing seperti ini adalah kesalahan fatal. Bagian berikut ini akan menjelaskan lebih lanjut beberapa kesalahan yang sering terjadi saat memakai digital marketing.

Daftar Kesalahan Pada Digital Marketing

  1. Strategi tidak jelas

Dunia digital adalah media yang sangat luas serta persaingan sengit. Selain itu, ada berbagai istilah dan strategi yang terkait dengan marketing di bidang ini. Namun, pemilik bisnis atau toko online bertindak sporadis yaitu menerapkan semua cara sehingga tidak fokus. Hasilnya tergantung keberuntungan. Jika ada yang kebetulan berhasil, penjualan meningkat tetapi harus dibayar mahal dengan marketing yang kurang efisien.

  1. Seo kurang optimal

Selanjutnya, seo kurang dioptimalkan sehingga pagerank rendah. Anda membuat website untuk toko online tetapi konten masih sederhana dan kurang berkualitas. Segera perbaiki dan siapkan konta yang mampu menarik banyak pengunjung. Selanjutnya, lakukan optimasi SEO agar masuk index mesin pencari di halaman awal.

  1. Target dan tujuan terlalu luas

Di marketing, target dan tujuan harus jelas. Akan tetapi, Anda justru beranggapan semua pengguna internet adalah sama. Anda tidak membuat segmentasi, kategori, dan preferensi mengenai profil dari calon customer.

  1. Tidak ada storytelling

Storytelling sangat penting di digital marketing. Orang diajak untuk memahami produk lalu secara tidak langsung mengubah keinginan menjadi kebutuhan. Tanpa storytelling, Anda hanya membuat konten seperti iklan baris dan banner di pinggir jalan.

  1. Asal upload konten di social media

Kesalahan umum dan fatal di bidang ini adalah secara random melakukan upload. Anda perlu konsep, storytelling, dan tujuan sehingga konten tersebut mampu menarik banyak orang. Engagement rate juga penting saat ingin menggunakan social media sebagai digital marketing

  1. Fokus marketing lupa produk

Anda mengalokasikan dana untuk marketing lebih besar dari riset produk. Pada akhirnya, customer hanya datang pertama kali dan enggan kembali karena merasa produk kurang sesuai bahkan tidak berkualitas. Lakukan marketing setara dengan kualitas dari jasa dan produk.

Solusi Digital Marketing Yang Efektif Dan Tepat

Anda sebaiknya menyerahkan promosi dan marketing di dunia digital kepada ahli. Untuk keperluan tersebut, pilihannya adalah digital marketing agency Jakarta terbaik. Mereka telah berpengalaman di bidang ini dan mengerti strategi yang sesuai. Tugas klien adalah menjelaskan tujuan, target, estimasi, produk dan jasa, dan apapun data untuk mempersiapkan penerapan digital marketing.

Agar mengerti dimana kesalahan yang membuat marketing kurang efektif. Anda wajib melakukan review dan analisis. Setelah itu, perbaiki komponen secara bertahap dan tingkatkan kualitas produk. Strategi dan cara marketing di bidang ini harus sesuai dengan produk, tujuan, dan target. Selanjutnya, Anda dapat memakai media apa saja selama mampu mencapai apa yang diinginkan.