Sistematika dan Metode Penulisan Karya Ilmiah

Cara penulisan, struktur dan metode penelitian karya tulis ilmiah adalah sebuah tulisan yang dihasilkan dengan menrapkan kaidah-kaidah ilmiah.

Karya tulis ilmiah adalah tulisan atau laporan tertulis yang berfungsi untuk memaparkan hasil penelitian atau kajian suatu masalah. Tugas untuk membuat karya tulis ilmiah bukan hanya diberikan kepada mahasiswa saja. Melainkan siswa menengah atau bahkan sekolah dasar pun telah diberikan pengetahuan terkait cara menulis karya tulis ilmiah. Meski begitu, penjelasan bagi setiap jenjang tentu saja tidak sama untuk memudahkan pemahaman.

Sistematika dan metode penulisan karya tulis ilmiah

Supaya kamu tidak kesulitan dalam menulis karya tulis ilmiah, hal pertama yang harus kamu ketahui yaitu sistematika penulisannya. Selain itu, penulisan karya tulis ilmiah serta metode yang digunakan dalam karya tulis tersebut pun tidak boleh asal-asalan. Karena, pengambilan data yang tidak akurat akan sangat berpengaruh terhadap hasil penelitian. Untuk kamu yang ingin atau sedang belajar menulis karya tulis ilmiah, informasi berikut bisa kamu jadikan referensi.

Sistematika penulisan karya tulis ilmiah

Penulisan karya tulis ilmiah, terdapat sistematika penulisan yang harus diikuti. Namun, terkadang setiap tempat memilliki kebijakan khusus pada sistematika penulisannya. Kamu bisa menyesuaikan bentuk penulisan dengan referensi berikut.

  • Halaman judul atau cover : halaman memuat judul dari karya tulis ilmiah
  • Halaman pengesahan : Berisi persetujuan pembimbing, dan pihak yang sudah ditentukan
  • Kata pengantar : Berisi sambutan penullis dan ucapan terima kasih
  • Daftar isi
  • Pendahuluan: Berisi, Latar belakang Masalah penulisan, Rumusan masalah, Tujuan pembuatan karya tulis ilmiah, Manfaat pembuatan karya tulis
  • Dasar teori atau tinjauan pustaka : Dasar teori yang digunakan sebagai acuan dalam penulisan karya tuliah
  • Metode atau metodologi penelitian
  • Pembahasan atau hasil penelitian
  • Penutup: berisi kesimpulan dan saran
  • Daftar ┬ápustaka
  • Lampiran: berupa Lampiran data hitungan, dokumentasi atau data lain yang dianggap penting.

Metode penulisan karya tulis ilmiah

Dalam penulisan karya tulis ilmiah terdapat metode penelitian khusus yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data. Dan setiap metode yang digunakan akan berpengaruh terhadap hasil penelitian. Berikut beberapa contoh metode yang dilakukan untuk penelitian.

  • Metode penelitian kuantitatif

Teknik mencari data dengan metode kuantitatif digunakan unutk penelitian yang membutuhkan observasi. Hasil pengumpulan data dari metode kuantitatif berupa angka.  Dengan proses analisis data memakai statistik. Kemudian data tersebut akan diolah menggunakan grafik, tabel, dan sebagainya.

  • Metode penelitian kualitatif

Teknik analisis data kualitatif adalah kebalikan dari metode penlitian kuantitatif. Hasildari metode ini adalah data yang sifatnya berbentuk narasi bukan angka.

  • Metode penelitian deskriptif

Metode penelitian deskriptif dilakukan dengan membuat gambaran dari keadaan suatu objek atau subjek dengan rinci. Deskriptif difokuskan pada satu masalah yang akan dibahas. Kemampuan peneliti dalam mendeskripsikan sesuatu sangat berperan penting supaya data menjadi semakin akurat.

  • Metode survey

Metode ini dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk mencari data yang sudah ditetapkan. Tujuan dari metode ini adalah untuk mendapatkan informasi sesuai variable yang dicari.

  • Metode kuesioner (Angket)

Data yang diperoleh pada karya tulis ilmiah juga bisa dilakukan menggunakan metode kuesioner. Peneliti akan memberikan pertanyaan-pertanyaan sesuai tema dari karya tulis ilmiahnya. Jawaban yang telah didapatkan lalu dianalisis dan dibuat kesimpulannya.

Dan masih banyak metode lainnya.

Tak perlu mau untuk bertanya dan meminta saran pada ahli jika kamu mendapati kesulitan saat sedang menulis karya tulis ilmiah. Apabila kamu sudah memahami dan bisa menerapkan prinsip pembuatan karya tulis ilmiah. Selain untuk mengerjakan tugas, kamu bisa membuat karya tulis ilmiah untuk mengikuti kompetisi karya ilmiah.